Web Hosting

Pengertian Dan Fungsi Hostname



Nama host atau Hostname adalah nama komputer. Pemberian nama ini spesifik, untuk satu komputer tertentu saja dalam suatu jaringan.
Karena sifatnya yang unik, maka dalam satu jaringan tidak boleh ada 2 atau lebih hostname yang sama.
Jika terjadi penamaan yang sama, maka sistem akan memberitahukan bahwa telah terjadi duplikasi nama. Tapi jika komputer tidak saling terkoneksi ke jaringan memberikan nama komputer yang sama tidak masalah.

Sistem penamaan pada Hostname
Sebuah nama host adalah label yang diberikan ke perangkat yang terhubung ke jaringan komputer dan yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat dalam berbagai bentuk komunikasi elektronik seperti World Wide Web, e-mail atau Usenet. Nama host mungkin nama sederhana yang terdiri dari sebuah kata atau frase tunggal, atau mereka mungkin telah ditambahkan nama domain, yang merupakan nama dalam Domain Name System (DNS), dipisahkan dari label tertentu host dengan titik (dot). Dalam bentuk yang terakhir, nama host juga disebut nama domain. Jika nama domain sepenuhnya ditentukan termasuk top-level domain Internet, maka nama host dikatakan nama domain berkualifikasi lengkap (FQDN).
Contoh: 'saturn' dan 'jupiter' bisa menjadi hostname dari beberapa perangkat yang terhubung ke jaringan disebut Alpha. Dalam Alpha perangkat yang dicapai oleh hostname mereka. Alpha dapat dikonfigurasi sehingga nama domainnya adalah 'alpha' (dalam huruf kecil). Dalam hal ini, perangkat yang disebutkan 'nama host, termasuk-nama domain, akan menjadi:' saturn.alpha 'dan' jupiter.alpha ', masing-masing. Dengan nama-nama mereka bisa dicapai dalam jaringan pribadi jaringan, masing-masing dengan nama domain sendiri. Jika alpha terdaftar dan dapat dicapai sebagai alpha.net di Internet, maka nama domain yang memenuhi syarat untuk perangkat akan menjadi: 'saturn.alpha.net' dan 'jupiter.alpha.net'
Hostname yang mencakup domain DNS sering disimpan dalam Domain Name System bersama dengan alamat IP dari host yang mereka wakili untuk tujuan pemetaan nama host ke alamat, atau proses sebaliknya.

CARA MUDAH MENGETAHUI HOSTNAME KOMPUTER PADA JARINGAN

    Disini saya akan mencoba menulis dengan singkat dan jelas bagaimana mengetahui hostname kompuer pada jaringan.langsung saja ke tkp;
  1. Buka Command Prompt dengan cara Masuk ke Run (Logo Windows + R), kemudian ketikan CMD, dan Klik OK.
  2. Kemudia Ketikan perintah "ping -a alamat ip komputer target"misalnya seperti ini ping -a 127.0.0.2.nanti dibawahnya akan terlihat hostname komputer tersebut.
  3. Begitulah Cara mudah Mengetahui Hostname Komputer Pada Jaringa

4 Responses to "Pengertian Dan Fungsi Hostname"

  1. eeq, masa cuma segitu . ini mah kalau di hafal atau di tanyain sama anak tk juga bisa :p

    BalasHapus
  2. wah baru tau saya artikel bermanfaat bro

    BalasHapus
  3. keren gan pengertian hostname nya

    BalasHapus
  4. Pada era sekarang berbisnis jual beli lewat group atau fitur Marketplace sangat menyenangkan dari segi waktu dan fleksibel ketika diakses lewat smartphone. Dunia industri digital terus berkembang seperti layaknya facebook sudah mengeluarkan fitur percobaan untuk marketplace di dashboardnya. Lalu bagaimana mengaktifkan kembali untuk fitur marketplace facebook.

    Source: Cara Mengaktifkan Kembali Marketplace Facebook


    BalasHapus