Web Hosting

Manfaat Dan Kerugian Tukar Link Atau ExChange Link Di Blogspot

Manfaat Dan Kerugian Tukar Link Atau ExChange Link Di Blogspot 

muhromli.blogspot.com - Dipostingan kali ini saya akan sedikit mengupas mengenai Tukar Link aka ExChange Link. Memang sekarang banyak blog yang memasang Exchange link di blog, tapi di postingan kali ini saya tidak akan mengulas mengenai bagaimana cara membuatnya. Melainkan di postingan ini saya akan mengulas mengenai apa manfaat serta kerugian memasang exchange link di blog. Membuat exchange link menurut beberapa orang bisa di gunakan untuk mendapatkan banyak backlink maupun bisa di gunakan untuk menurunkan pagerank dan lain-lain. Namun disisi lain adanya exchange link juga berdampak buruk terhadap blog kita, untuk lebih jelasnya sobat simak ulasan berikut :
Ilustrasi Dari ExChageLink.net

#Manfaat

1. Manfaat pertama adanya exchange link adalah mendapatkan backlink dari blog tersebut. Ini berguna sebagai langkah yang dilakukan untuk meninkatkan trafik blog. Namun kembali lagi yang perlu sobat perhatikan adalah darimana datangnya backlink tersebut. Kuantitas backlink tidak akan berpengaruh besar apabila kualitas backlink rendah, malah justru berakibat negatif bagi blog.
2. Sebagai sarana untuk menambah teman.
   Dengan adanya exchange link kita dapat menambah perteman dalam blog. Hal tersebut dapat dilakukan saling mengunjungi blog, blogwalking, atau sekedar bertanya mengenai blog. Selain hal tersebut adanya exchange link juga bisa di gunakan untuk saling bertukar artikel, artinya blog yang satu membut artikel di blog partner sedangkan blog partner membut artikel di blog kita. Hal tersebut jelas bisa di gunakan sebagai sarana untuk mempromosikan blog.
3. Meningkatkan trafic blog. 
   Jelas saja apabila kita mendapat backlink yang berkualitas dari blog partner maka akan berdampak baik terhadap blog. Oleh karena itu saran saya ajaklah blog yang memiliki peringkat yang lebih tinggi untuk saling bertukar link karena akan memperbesar pengunjun suatu blog untuk mengklik atau mengunjungi blog sobat. Dengan di ikuti kualitas konten yang lebih baik dari blog partner maka secara langsung akan membuat blog kita semakin nyaman bagi pengunjung.
   Mungkin begitulah manfaat yang bisa diambil dari adanya ExChange Link, selain hal tersebut ada beberapa kerugian yang mungkin bisa sobat pertimbangkan ketika hendak memasang exchange link. Berikut ulasannya :
1. Menurunkan trafic pengunjung blog.
   Hal ini jelas sekali dapat terjadi ketika pengunjung di blog kita mengklik salah satu link di halaman tukar link. Dan pengunjung mendapati bahwa konten di blog partner jauh lebih baik daripada di blog kita, hal tersebut akan menyebabkan blog kita kehilangan pengunjung, dan lebih parah lagi apabila si pengunjung merupakan pengunjung setia di blog kita. Hal tersebut akan menyebabkan pengunjung beralih dari blog sobat ke blog partner. 
2. Blog dapat di hapus dari google.
   Hal ini tidak saya ketahui secara pasti apakah blog dapat di terhapus dari google. Namun dari sumber yang saya ketahui memasang exchange link di blog dapat di kategorikan sebagai ling schemes. Hal ini bisa juga memjadi salah satu penyebab blog di hapus dari google, hal tersebut mungkin bisa sobat temui ketika mengunjungi blog partner dan tiba-tiba blog yang dikunjungi terhapus. 
3. Membuat blog terlihat tidak profesional.
   Blog terlihat tidak profesional dari banyaknya link yang terpampang di blog, entah link tersebut dari link direktori atau dari exchange link. Hal ini jelas akan mengganggu pengunjung untuk membaca di blog kita, yang berakibat blog kita kehilangan pengunjung. Oleh karena itu janganlah memasang exchange link di halaman awal blog, buatlah halaman khusus untuk exchange link tersebut, selain itu apabila kita memasang exchange link di halaman awal belum tentu blog partner juga memasang di halaman awal pula.
4. Sering terjadi kecurangan.
   Kecurangan dapat ditemui  apabila kita memasang link blog partner secara "dofollow" sedangkan blog si partner memasang link kita secara "nofollow". Hal tersebut jelas merugikan blog kita, karena link nofollow tidaklah memiliki pengaruh besar terhadap blog ketimbang link dofollow. Cara ceknya, sobat bisa cek hal tersebut dengan cara mengarahkan pointer ke link blog sobat dan kemudian klik kanan pilih "inspect element". Kemudian sobat teliti apabila terdapat tulisan rel='nofollow' sudah dapat dipastikan Link blog sobat di pasang secara nofollow. Memang link nofollow bisa di gunakan untuk meningkatkan trafic pengunjung namun jika di bandingkan dengan link dofollow, jauh memiliki manfaat yang lebih menjanjikan.
5. Backlink yang didapat kurang berkualitas.
   Tukar link memang memiliki tujuan untuk mendapatkan backink secara gratis. Namun di tukar link menurut beberapa blogger yang saya dapat, merupakan sarana backlink yang kurang efektif. Teorinya, pengunjung datang ke blog kita untuk membaca artikel di blog kita buka mencet-mencet link yang ada di tukar link tersebut. Selain hal tersebut si pembaca juga enggan untuk mencet link apabila artikel yang ia cari ada di blog tersebut, singkatnya "Artikel sudah ada ngapaen pergi ke blog lain". Selain hal tersebut coba cek blog yang sudah tersohor, mana ada yang pasang tukar link. Kalaupun ada mungkin hanya di batasi satu link saja. Singkatnya masih banyak cara yang lain untuk mendapat backlink selain dengan cara tukar link.

   Kesimpulan : 

Silahkan sobat pertimbangkan sebelum memasang Exchange link aka tukar link di blog sobat. Selain berguna untuk mendapatkan banyak backlink adanya exchange link juga berdampak negatif terhadap blog.
    Namun jika sobat ingin tetap memasang tukar link di blog sobat, sobat bisa baca tips yang akan saya berikan berikut agar tukar link berjalan efektif :
1. Mintalah ExChange Link dari blog yang memiliki peringkat yang lebih tinggi dari blog sobat. Dengan hal tersebut maka kemungkinan lebih besar pengunjung yang sobat peroleh dari tukar link. Jadi kesimpulannya banyaknya tukar link tidak akan efektif apabila tidak diperoleh oleh blog yang memiliki peringkat yang bagus.
2. Ajaklah blog yang memiliki topik yang sama.
   Hal ini jelas sekali, mengajak blog yang memiliki topik yang sama akan berdampak positif terhadap blog, terlebih lagi apabila konten di blog kita berkualitar. Jadi jangan sembarangan mengajak tukar link di blog yang berbeda topik.
3. Batasi jumlah tukar link
   Membatasi tukar link memang di perlukan di blog, terlalu banyak link juga tidak bagus terhadap penambilan blog. Selain hal tersebut dengan sedikit link di blog juga membuat peluang mendapat pengunjung lebih banyak. Oleh karena itu kembali ke point pertama, mendapat backlink dari blog yang berkualitas jauh lebih baik daripada mendapat banyak blog yang tidak berkualitas.
   Penutup, silahkan sobat pikir kembali sebelum memasang tukar link. Selain hal tersebut postingan ini bersumber dari pengalaman pribadi, jadi sobat bisa ikuti saran dari saya atau tidak. Namun jika sobat memiliki pendapat lain soal tukar link silahkan sobat ajukan di kotak komentar, karena saya sangat menghargai komentar sobat.

11 Responses to "Manfaat Dan Kerugian Tukar Link Atau ExChange Link Di Blogspot "

  1. berapa maksimal jika kita hendak menaruh link orang pada blog kita ?

    BalasHapus
  2. Nah Bermanfaat sekali nih.. makasih udah share gan ..

    BalasHapus
  3. Duh ternyata ada kerugiannya ya, blog saya ada tukar linknya :/

    BalasHapus
  4. Memang sangat salah jika 100 back link tetapi dari blogspot.com . ditunggu kedatangannya lionphysics4n

    BalasHapus
  5. ada kerugiannya juga tho, backlinku ga banyak cuman 3

    BalasHapus
  6. Wah kerugiannya juga cukup ngeri ya gan .. apalagi kalo blog kita udah dikelola bertahun-tahun dan dihapus karna tukarlink :D Haduh saya sendiri sih gak pernah tukarlink gitu

    BalasHapus
  7. Thanks ya gan atas infonya. Cukup bermanfaat dengan perkembangan blog newbie. Semoga sukses gan dan jangan lupa kunjungan baliknya di : Masfim dot Com : Let's share info || Fuad Compi Net

    BalasHapus
  8. Tukar link menurut saya memang membahagiakan, lihat trafic yang tinggi. Tapi itu palsu semua.

    Tapi kalau gk da itu, blog terasa sepi banged...huhu

    Bingung saya..

    Kadang kecewa juga dengan namanya saling tuker link..
    Saling meminta dikunjungi dan dikomen, yang mengartikan blog kita gak benar2 laku..

    BalasHapus
  9. waah..jadi pasang link/tukar link gak bagus ya gan?

    BalasHapus
  10. Mending tingkatkan SEOnya aja gan

    BalasHapus