Web Hosting

Cara Mengedit Template Menggunakan Perancang Template di Blogspot

Cara Mengedit Template Menggunakan Perancang Template di Blogspot - Cara Menggunakan Perancang Template Bagi Blogger Pemula 

   muhromli.blogspot.com - Postingan kali ini sebenarnya saya buat untuk mengisi waktu luang dirumah, sebenarnya saya ingin membuat postingan tentang "Penyedia Hosting". Namun karena kurangnya informasi untuk membuat postingan tersebut saya tunda dulu, postingan kali ini akan membahas mengenai cara edit template dengan "Perancang Template". Sebenarnya mengedit template bisa dilakukan secara langsung, namun bagi sobat yang pemula sama seperti saya sendiri yang belum begitu paham dengan kode html pasti akan mengalami kesulitan.

Cara Mengedit Template Menggunakan Perancang Template di Blogspot
    Nah, untuk mengatasi hal tersebut google telah menyediakan tools khusus yang bisa sobat gunakan untuk mengedit template tanpa menyentuh kode html sedikit pun. Tools ini sebenarnya sudah ada sejak lama, cuma mungkin saya saja yang telat membuat postingan ini. Fungsi dari "Perancang Template" ini berguna untuk menyesuaikan tampilan template di blog sobat. Oke lanjut saja, untuk menggunakan tools ini silakan sobat, ikuti langkah-langkahnya :
1. Silakan sobat login dulu ke blog sobat, tunggu sampai loading ke dasbord selesai.
2. Pilih menu template, dan tunggu sampai menu template muncul.
3. Pada tampilan PC terdapat 2 pilihan yaitu, " Edit HTML" dan "Sesuaikan", silahkan sobat pilih "Sesuaikan".
4. Secara otomatis sobat akan di arahkan ke halaman "Perancang Template". 
5. Pada halaman ini terdapat beberapa menu yang bisa sobat exksplor sendiri fungsinya masing-masing, perlu diketahu tidak semua menu yang ada dapat di gunakan untuk editing template sobat, terkadang hanya ada 1 menu yang bisa digunakan atau lebih, jadi banyaknya menu yang bisa diedit tergantung dari template sobat.
6. Untuk mengatur warna menu, navigasi, back to top dan lain yang berhubungan dengan tampilan sobat bisa memilih menu lainnya. Dalam menu ini akan tampil beberapa tampilan yang bisa diedit, sekaligus sobat akan di lihatkan bagian mana menu yang diedit dalam template.
7. Setelah selesai mengedit sobat pilih menu "Terapkan Ke Blog" untuk menerapkan perubahan pada template. Atau sobat bisa memilih "Hapus Perubahan" untuk mengembalikan perubahan ke awal tampilan.
8. Terakhir silakan klik "Kembali Ke Blogger", untuk menutup "Perancang Template" . Selanjutnya sobat akan diarahkan ke dashbord Blogger, sobat bisa cek hasilnya di blog sobat.
   Sekian saja postingan yang bisa saya sampaikan saat ini, sebenarnya masih banyak tutorial yang lain. Namun hanya itu yang bisa saya sampaikan di postingan kali ini, karena jujur saja saya jarang sekali mengotak-atik template di blog saya. Dan jangan lupa tinggalkan jejak sobat di komentar atau share di jejaring sosial sobat. :)

3 Responses to "Cara Mengedit Template Menggunakan Perancang Template di Blogspot "