Web Hosting

Semua Tentang Twitter Serta istilah-Istilah Di Twitter Dan Kegunaannya Lengkap

Semua Tentang Twitter Serta istilah-Istilah Di Twitter Dan Kegunaannya Lengkap 

     muhromli.blogspot.com - Postingan kali ini saya akan secara khusus membahas mengenai sosial media. Ya, mungkin menurut kebanyakan orang tidak punya akun sosial media tidaklah gaul atau mungkin dibilang ketinggalan jaman. Hampir setiap hari disekolah saya, yang menjadi topik pembicaraan tidak lain adalah facebook, mengupload foto di facebook atau yang lain. Namun di kesempatan kali ini saya tidak akan membahas mengenai facebook, melainkan rivalnya yaitu twitter. Sosial Media yang didirikan Maret 2006, oleh Jack Dorsey sekarang sudah menjadi salah satu sosial terpopuler bersama dengan facebook. Menurut twitter sendiri penggunanya sekarang sudah sampai pada 302 juta pengguna aktif dengan tweet terkirim tiap bulan sebanyak 500 juta tweet. Pada kesempatan ini saya akan sedikit membeberkan beberapa hal mengenai twitter juga istilah-istilah di dunia twitter sendiri.
 Tentang Twitter Serta istilah-Istilah Di Twitter Dan Kegunaannya
Ilutrasi Dari Google.com
   
  Pertama saya akan mulai dari menu yang terdapat di twitter beserta kegunaannya :
> Home
   Menu ini terdapat di bagian awal di twitter, sama halnya dengan facebook di menu ini berisi berbagai tweet yang dibuat oleh orang yang kita ikuti. Selain itu, di menu Home ini juga berisi berbagai Balasan dari tweet orang yang kita ikuti serta juga terdapat berbagai Retweet dari orang yang kita ikuti pula. Bebeda dengan facebook yang biasanya berisi post acak, atau kepopuleran sebuah post di twitter post / tweet yang ditampilkan merupakan tweet yang terbaru, dengan kata lain di sortir berdasarkan waktu.
> Actifity / Aktifitas
   Aktifitas atau biasanya di simbolkan dengan @ adalah menu selanjutnya di twitter. Di menu ini dimuat berbagai pemberitahuan dari berbagai aktifitas di twitter, dimulai dari Mention, Retweet, atau Favorit dari tweet yang kita buat di twitter. Selain itu di menu ini juga berisi berbagai pemberitahuan dari orang yang baru mengikuti akun twitter kita. Jadi singkatnya menu ini memiliki fungsi yang sama dengan menu "Pemberitahuan" yang ada di facebook.
 > Trends / Populer
   Menu inilah yang hanya sobat bisa temukan di twitter saja. Di menu ini yang bigsanya di simbolkan dengan #, dimuat tentang hal - hal yang menjadi trending di twitter. Selain itu sobat juga bisa mengatur trends di akun twitter sobat, misalnya sobat ingin mengetahui trends di wilayah indonesia saja, sobat hanya perlu mengubah pengaturan trends sobat dari wordwide ke indonesia. Selain itu di menu ini juga dimuat orang-orang yang membuat tweet dengan menyisipkan trends tersebut di tweet mereka, misalnya sobat memilih trends "GoRamadhan" maka disana akan di tampilkan tweet yang memuat kata "GoRamadhan".
 > Profil
   Sesuai namanya menu ini berfungsi untuk menampilkan profil di twitter kita, dimulai dari biodata, url, foto , dan juga tweet terbaru yang kita buat. Selain hal tersebut, dimenu ini juga terdapat menu "Pesan Langsung" yang memiliki fungsi menampilkan orang-orang yang mengirimi sobat pesan, juga menu "Favorit" yang memuat berbagai tweet yang menjadi favorit sobat. Selain hal tersebut di menu ini juga dimuat berbagai tweet serta retweet yang sobat buat di twitter.
   Selain 5 menu utama diatas, di twitter juga terdapat beberapa menu yang memiliki fungsi tertentu, berikut akan saya jelaskan menu-menu tersebut :
> Settings
   Tempat bagi sobat mengatur berbagai perihal di twitter dimulai dari profil, background, nama pengguna, dan lain-lain. Di menu ini juga sobat bisa meng-aktifkan notifikasi via mobile dengan syarat sobat perlu memverifikasi nomor telepon sobat. Selain beberapa hal tersebut, masih banyak pengaturan yang terdapat di menu ini, yang bisa sobat explor sendiri di twitter sobat.
> Help
   Sesuai dengan namanya menu ini memiliki fungsi untuk memberikan pertolongan kepada user. sebenarnya saya jarang sekali membuka menu ini sehingga saya tidak tahu secara detail menu ini.
> Search
   Menu ini biasanya terdapat diatas pada tampilan dekstop dan biasanya terdapat dibagian bawah pada tampilan mobile. Sesuai namanya menu ini memiliki fungsi untuk mencari pengguna lain, tweet atau trends. Untuk mencari pengguna / orang saya sarankan menggunakan nama pengguna bukan nama tampilan, karena dengan menggunakan nama pengguna sobat akan diarahkan secara langsung ke pemilik nama pengguna.
   Selain menu-menu diatas, di twitter juga dikenal dengan istilah-istilah tertentu yang menjadi populer di kalangan pengguna. Nah, berikut akan saya sampaikan beberapa istilah tersebut :
- Tweet, merupakan nama dari pembaruan yang sobat buat di twitter atau bisa juga di samakan dengan "Update Status" di facebook. Uniknya disini sobat hanya diberikan space sebanya 140 karakter.
-  Mention, merupakan sebutan nama lain dari membalas tweet teman sobat atau bisa juga membuat tweet dengan menyisipkan nama pengguna yang sobat inginkan, sehingga tweet sobat secara langsung muncul di menu aktifitas teman sobat.
- Retweet, sebutan lain dari post ulang, jadi intinya sobat membagikan ulang salah satu tweet dari pengguna lain. Simbolnya berbentuk panah membentuk segiempat.
- Favorit, berisi dari tweet yang sobat sukai, di twitter di simbolkan dengan bintang.
- Direct Message / DM , istilah yang di gunakan untuk pesan langsung yang ditujukan ke akun twitter sobat, di twitter menu ini biasanya terdapat pada bagian profil.
- Following, istilah yang di gunakan untuk menyebut orang yang kita ikuti, di dalam menu ini sobat akan ditunjukkan orang yang sobat ikuti.
- Followers, istilah yang di gunakan untuk menyebut orang yang mengikuti akun twitter kita, di menu ini sobat di tunjukkan orang yang mengikuti sobat.
- Hanstags, istilah yang di gunakan untuk tweet yang di bubuhi tanda #, entah bisa di awal, tengah, atau bisa juga di ahir.
- Nama Pengguna, adalah nama yang diberikan oleh twitter untuk menemukan akun twitter sobat. Nama pengguna ini biasanya diawali dengan simbol @ dan terdiri dari kurang lebih 16 karakter, karakter yang diberikan berupa huruf, angka, dan tanda _ (Underscore).
- Follow Back, biasanya di gunakan untuk meminta seseorang memfollow balik akun twitternya, juga terkadang di bubuhi dengan hanstag.
- Verified Badge, merupakan simbol yang diberikan twitter kepada akun-akun perusahaan besar atau akun terkenal. Biasanya di simbolkan dengan tanda centang.
- Translator Badge, sama dengan verified badge dan cuma bedanya bisa digunakan secara umum dengan memenuhi syarat tertentu.
- Ava , merupakan sebutan lain untuk bio, bisa berupa foto, short bio atau yang lain. 
   Sekian postingan kali, mungkin masih banyak yang tidak saya sampaikan di postingan kali ini. Penutup, silahkan sobat postingkan komentar di kolom komentar di blog ini.

1 Response to "Semua Tentang Twitter Serta istilah-Istilah Di Twitter Dan Kegunaannya Lengkap"

  1. wahh mantapz nih,,ane baru tau infonya,,Thanks gan udh share...

    BalasHapus